Nusantara

Kepulauan Talaud Diguncang 10 Kali Gempa Susulan

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 10 kali gempa susulan, setelah gempa magnitudo 6,0 di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (22/1/2022) pagi.

“Hingga pukul 15.30 WIB hasil pemantauan BMKG telah terjadi gempa susulan sebanyak 10 kali, dengan magnitudo terkecil 3 4 dan terbesar 4,8 serta gempa susulan yang dirasakan satu kali,” ucap Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Sabtu (22/1/2022).

Daryono mengatakan wilayah Kepulauan Talaud merupakan kawasan rawan gempa, dan dikejutkan 8 gempa merusak sepanjang sejarahnya. Gempa tersebut merupakan tipe gempa dangkal akibat adanya canggaan/penggalan batuan dalam Lempeng Laut Maluku dengan mekanisme campuran pergerakan naik- mendatar (oblique thrust).

Baca Juga : Dampak Gempa di Pandeglang, Rumah Rusak Capai 2.865 Unit

Tidak hanya itu dampak guncangan gempa di Melonguane, Kepulauan Talaud, mencapai skala intensitas IV MMI dengan diskripsi dirasakan oleh orang banyak, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button