Nusantara

Bupati Sorong: Transmigrasi Ubah Daerah Terisolasi Jadi Maju

INDOPOSCO.IDBupati Sorong, Provinsi Papua Barat Johny Kamuru menyebutkan bahwa program transmigrasi telah membawa dampak tersendiri bagi kemajuan suatu daerah, terutama daerah terisolasi, yang kemudian dapat berkembang maju pada sektor pertanian.

“Transmigrasi menjadi pendorong pemerataan kesejahteraan akibat jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan lapangan kerja di masing- masing daerah, oleh karenanya strategi pemerintah tempo dulu mulai memberikan dampak positif hingga saat ini,” katanya di Sorong, Selasa (14/12/2021), seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan bahwa program transmigrasi yang kini berusia 71 tahun, tidak terlepas dari gagasan Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, di mana hal ini juga menyerap dari kegiatan penjajahan negara Eropa yang mendatangkan warga dari negara jajahan untuk dijadikan sebagai pekerja,

“Namun program Soekarno lebih untuk pemerataan penduduk serta mendorong peningkatan kesejahteraan di lokasi transmigrasi tujuan,” katanya.

Program pemerintah secara nasional untuk mengurangi kepadatan penduduk d Pulau Jawa ke daerah-daerah lainnya di Indonesia dalam transmigrasi, kata dia, telah membawa dampak tersendiri bagi kemajuan Kabupaten Sorong.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button