Nusantara

Tanggul Pengendali Banjir di Sintang Ditargetkan Rampung Maret 2022

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres penanganan bencana banjir di Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Dengan pembangunan pengendali banjir menggunakan geotube atau geotextile tube atau tabung geoktestil.

Geotube atau geotextile tube atau tabung geoktestil merupkan kantong besar berbentuk tabung yang terbuat dari geotekstil berpori. Geotube tahan cuaca dan diisi dengan sedimen, seperti pasir atau bubur untuk membentuk bukit pasir atau tanggul buatan.

“Kami meninjau pembangunan infrastruktur dalam mengatasi Banjir Sintang dalam jangka pendek, yaitu dengan membuat tanggul dari geobag dan geotube yang diisi pasir,” kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Dalam jangka menengah dan panjang, ia mengatakan perlu dilakukan langkah perbaikan lingkungan termasuk aliran sungai. “Utamanya perbaikan daerah tangkapan hujan (catchment area) dengan penanaman kembali pohon di daerah-daerah sekitar Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi,” ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang terjadi karena curah hujan tinggi serta daerah tangkapan air di hulu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang sudah banyak berkurang, sehingga sungai meluap terutama pada titik pertemuan sungai padat penduduk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button