Nusantara

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, PT. ABM Didorong Jadi Off Taker

INDOPOSCO.ID PT. Agro Banten Mandiri (ABM) didorong agar menjadi off taker atau penjamin komoditas hasil hutan kelompok tani hutan. Hal itu agar panen yang dihasilkan petani bisa langsung dipasarkan. Sehingga kesejahteraan petani tidak dimainkan oleh tengkulak.

Deputi Pengkajian dan Pengindraan, Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksda TNI Greg Agung W.D mengatakan, konsep yang digagas oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten ini dinilai bagus.

Sebab selama ini, PT. ABM masih menjalankan sistem agrobisnis yang bergerak dari hulu hingga hilir dengan lingkup kegiatan di bidang farm developmen, rice mill plant serta agro logistik.

Baca Juga : Ini Terobosan PT. ABM Dalam Kedaulatan Pangan Banten

Menurutnya, hanya perlu sedikit motivasi agar Tim Manajemen PT. ABM lebih profesional, proporsional dan menguasai kemampuan teknis dalam mengelola kegiatan usaha pertanian dari hulu hingga hilir.

“Terlebih tuntutan untuk melakukan pendampingan pada pelaku utama usaha pertanian serta sekaligus bertindak sebagai off taker,” katanya, Minggu (21/11/2021).

Selain itu, PT. ABM wajib melakukan kerja sama dengan daerah lain untuk mengembangkan hasil produksi parapetani. Kalaborasi bisnis harus digagas agar saling menguntungkan dan bisa menutupi kebutuhan di daerah lain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button