Nusantara

Wagub Banten Minta ICSB Bantu Berdayakan UMKM

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy meminta pengurus The International Council for Small Business (ICSB) wilayah Banten membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banten.

Ini dilakukan, kata Andika, agar UMKM Banten bisa menembus pasar regional maupun internasional. Mengingat keanggotaan ICSB sudah menyebar ke-85 negara.

Hal itu disampaikan Andika ketika menghadiri pelantikan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diani, menjadi ketua ICSB wilayah Banten. Airin dilantik langsung oleh Incoming Chair ICSB Global Hermawan Kartajaya di Tanjung Lesung Resor, Kamis (18/11/2021).

“Saya berharap ICSB Provinsi Banten menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi Banten dalam mencetak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berorientasi ekspor,” kata Andika.

Andika mengatakan, andil UMKM bagi perekonomian memang tidak diragukan lagi. UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi dan memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Memasuki era ekonomi digital saat ini, kata Andika, mengembangkan UMKM dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keniscayaan.

“Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam konsepsi ekonomi digital harus menjadi perhatian kita bersama,” katanya.

Sementara itu Airin mengatakan, pelantikan dirinya memimpin ICSB Banten adalah sebuah amanah berat yang harus dipertanggungjawabkan. “Mohon doanya agar kami bisa mengemban amanah ini yakni memberdayakan UMKM di Banten,” katanya.

Menurut Airin, amanah memberdayakan UMKM saat ini terasa sangat berat mengingat kondisi UMKM yang tengah tertimpa pandemi Covid-19.

Meski begitu, Airin optimistis dengan dikerjakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang dengan sukarela mau bahu membahu mengangkat derajat UMKM di Banten khususnya, cita-cita tersebut dapat mewujud.

Untuk diketahui, ICSB Indonesia adalah organisasi non-profit yang fokus pada pemberdayaan UKM serta penyebaran semangat kewirausahaan. ICSB Indonesia sendiri merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia

Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, ICSB Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia.

ICSB Indonesia didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yang meliputi pemerintah, akademisi, periset, serta praktisi bisnis. Hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya, baik di tingkat nasional maupun lokal (daerah). (dam)INDOPOSCO.ID- Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy meminta
pengurus The International Council for Small Business (ICSB) wilayah Banten membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banten.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button