Nusantara

Warga Riau Temukan Tapir Terluka Benda Tajam

INDOPOSCO.ID – Tim medis Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau, memeriksa tapir (Tapirus indicus) yang ditemukan warga di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing, dengan mata terluka diduga akibat benda tajam.

“Saat pertama kali ditemukan warga setempat, kondisi mata sebelah kanan tapir berjenis kelamin jantan itu mengalami pembusukan sehingga kehilangan mata bagian kanannya,” kata Pelaksana harian (Plh) BKSDA Riau, Hartono kepada media di Pekanbaru, Riau, Senin (15/11/2021).

Menurut dia, selain luka pada matanya, sejumlah luka juga terdapat di sekitar pelipis matanya diduga akibat benda tajam. Tapir diduga mengalami luka karena terlibat konflik dengan manusia sehingga terpaksa harus kehilangan matanya.

Berita Terkait

Ia mengatakan satwa tersebut dapat diselamatkan setelah BBKSDA Riau mendapatkan informasi dari masyarakat setempat pada Jumat (12/11/2021). Satwa dilindungi ini berkeliaran di kebun milik Said Hasim di Desa Lubuk Ambacang.

“Pada Sabtu (13/11/2021) tim Bidang I BBKSDA Riau diberangkatkan ke lokasi dan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Lubuk Ambacang, Imas. Informasi yang didapat tim bersama sekdes dan sejumlah warga, disebutkan bahwa tapir sudah sehari berada di kebun dan tidak takut kepada manusia,” kata Hartono lagi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button