Nusantara

BBKSDA Riau Selamatkan Tapir yang Terluka

INDOPOSCO.ID – Petugas Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau bersama tim medis menyelamatkan seekor tapir (Tapirus indicus) yang mengalami luka dan berkeliaran di kebun warga di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, pada Jumat (12/11).

“Untuk menjaga kelestarian satwa yang dilindungi tersebut, tim BBKSDA Riau bersama tim medis membawanya ke Pekanbaru untuk dilakukan proses pengobatan,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Ahad, di Pekanbaru.

Dia mengatakan, penyelamatan dilakukan berawal dari informasi dari warga setempat yang melaporkan bahwa ada seekor tapir, pada Jumat (12/11) malam.

Ia menjelaskan mamalia herbivora (pemakan dedaunan) itu ditemukan dalam kondisi terluka di bagian matanya saat sedang berkeliaran di kebun milik warga di desa tersebut.

“Selanjutnya, pada Sabtu (13/11) dikirim Tim Bidang KSDA Wilayah I Rengat turun ke lokasi, buat menindaklanjuti laporan tersebut. Kemudian, juga disusul oleh tim medis Balai Besar KSDA Riau dari Pekanbaru,” katanya.

Sampai di lokasi, tim BBKSDA langsung melakukan koordinasi dengan Sekdes Lubuk Ambacang, Imas, terkait satwa tapir/cìpan yang terluka di kebun karet warga.

“Tapir dilaporkan muncul di kebun warga bernama Said Hasim,” katanya.

Setelah berdiskusi, selanjutnya tim bersama sekretaris desa dan beberapa masyarakat setempat menuju lokasi, yang dikabarkan sudah berada di sana sekitar 1 hari.

“Untuk menjaga kondisi satwa tetap terjaga, tim mengamankan satwa di lokasi dan memberikan air serta makanan daun ubi rambat/ kayu untuk pertolongan pertama,” kata Hartono.

Selanjutnya, tim medis BBKSDA Riau segera dilakukan upaya pertolongan medis atau pengobatan luka pada bagian pinggir mata Tapir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button