Nusantara

Bea Cukai Jaring Potensi Pelaku Usaha Berpotensi Ekspor di Berbagai Wilayah

INDOPOSCO.ID – Untuk dapat meningkatkan daya saing produk dalam negeri di pasar internasional, pemerintah melalui Bea Cukai berupaya memberikan bantuan kepada para pelaku usaha baik dari segi prosedural maupun fiskal berupa pemberian fasilitas kepabeanan.

Di wilayah Lampung, Bea Cukai memberikan asistensi kepada PT Pacrim Nusantara Lestari Foods. “Kegiatan ini merupakan respon atas permintaan yang dilakukan perusahaan tersebut kepada Bea Cukai,” ujar Kepala Subd Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah dalam keterangannya, Senin (11/10).

Asistensi kali ini membahas beberapa hal tentang kepabeanan seperti Petunjuk teknis mengenai dokumen kepabeanan terkait masterlist dan COO/SKA, Kawasan Berikat, dan mengenai status kepabeanan PT Pacrim Nusantara Lestari Foods.

Untuk mendorong potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kalimantan, Bea Cukai Banjarmasin mengunjungi unit produksi madu di wilayah kota Banjarbaru. Bea Cukai juga berkesempatan berdiskusi terkait proses bisnis industri rumah tangga produk madu bersama pengusaha madu hutan. Madu yang diproduksi di wilayah ini dikenal dengan rasanya yang asam dan manis dan dihasilkan dari lebaj jenis trigona itama atau lebah kelulut.

Sinergi untuk mendorong potensi UMKM dilakukan oleh Bea Cukai Cirebon dengan Disperindag Kabupaten Cirebon. Diungkapkan oleh Bea Cukai Cirebon bahwa Bea Cukai memiliki tugas untuk mendorong pertumbuhan ekspor di wilayah Cirebon.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button