Nusantara

Gempa 5,6 Magnitudo di Aceh akibat Aktivitas Subduksi

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengatakan gempa bumi magnitudo (M) 5,6 di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, pada Jumat jam 17.04 WIB merupakan tipe gempa dangkal akibat kegiatan subduksi.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. mengatakan episenter gempa bumi terdapat pada koordinat 4,38 LU; 95,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 32 km arah barat daya Calang, Kabupaten Aceh Jaya, pada kedalaman 52 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik dengan kombinasi geser,” ujarnya.

Guncangan gempa bumi itu dirasakan di daerah Aceh Besar dan Banda Aceh III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seolah akan truk berlalu), Aceh Utara, Nagan Raya, Pidie, Aceh Tengah dan Aceh Jaya II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda- benda ringan yang digantung berayun).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kehancuran yang ditimbulkan akibat gempa bumi di Aceh Jaya tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button