Nusantara

Bea Cukai Bahas Upaya Peningkatan Ekspor di Semarang dan Magelang

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai secara kontinu melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan ekspor di Jawa Tengah. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai antara lain oleh Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Magelang.

Di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas turut hadir dalam Forum Komunikasi Informasi dan Analasis Pasar Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, pada 22 – 23 September 2021.

Dalam forum tersebut dibahas terkait potensi ekspor dan beberapa keluhan UMKM di wilayah Jateng, antara lain terkait kelangkaan kontainer ekspor. “Efektifitas pemanfaatan perjanjian perdagangan internasional di Indonesia dan Jawa Tengah, diharapkan mampu meningkatkan ekspor dan investasi sesuai dengan arah kebijakan perdagangan Indonesia,” ujar Kepala Disperindag Jawa Tengah, Arif Sambodo.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman, turut menanggapi terkait keluhan atas kontainer ekspor tersebut. ”Permasalahan ini tidak bisa diselesaikan sendiri, namun membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Kita perlu kembangkan digitalisasi proses perizinan, keringanan biaya kepelabuhan, pengawasan harga dalam jangka panjang,” imbuhnya.

Selain itu di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas juga turut hadir dalam FGD untuk membahas krisis kontainer global dan kebijakan dibutuhkan untuk mendorong ekspor yang diadakan oleh Pemprov Jawa Tengah, Kamis (23/09).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button