Nusantara

SDM Petani Meningkat, Percepat Swasembada Pangan

INDOPOSCO.ID – Guna optimalisasi program Integrasi Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Partisipatif (IPDMIP), Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis.menggelar workshop dan rapat koordinasi. Kegiatan ini diikuti 16 BPP yang tersebar pada 14 daerah irigasi dan dilaksanakan di Aula BPP Kecamatan Ciamis, 28 – 29 Agustus 2021.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Lilis Widaningsih mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi kegiatan penyuluhan di daerah irigasi.

“Para penyuluh yang hadir berkesempatan berbagi informasi kegiatan sekolah lapangan di daerahnya, serta berbagi pengalaman, sehingga terjadi ajang tukar informasi dan bersama-sama pula mengevaluasinya,” ujar Lilis, dalam keterangannya, Jumat (10/9).

Menurut dia, sektor pertanian adalah strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sebab mayoritas rakyat Indonesia, khususnya di Kabupaten Ciamis, bermata pencarian sebagai petani.

“Untuk itu, penyuluh memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan para petani, peran dan tanggung jawabnya perlu ditingkatkan dalam berbagi pengetahuan,” kata Lilis.

Senada, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian, Armina menyampaikan bahwa progres kegiatan IPDMIP di Kabupaten Ciamis pada tahun ini mencapai 46 persen.

“Kami optimistis terus meningkat. Apalagi giat kelembagaan dan pemberdayaan petani melalui kelompok tani maupun gabungan kelompok tani makin masif,” katanya.

Armina menuturkan, kapasitas petani harus lebih baik. Petani tidak sekadar mengetahui tanam, panen, dan jual, petani itu harus mampu bagaimana meningkatkan produksi, mengelola nilai jual agar tinggi, dan mengelola keuangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button