Nusantara

Kanwil Kemenkumham DIY Deteksi Dini Potensi Kebakaran di Lapas

INDOPOSCO.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan upaya deteksi dini untuk menghindari kebakaran di lapas dan rutan agar tak terjadi seperti di Lapas Kelas I Tangerang, Banten.

Upaya deteksi dini itu, antara lain dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sleman, Kamis (9/9/2021), dengan memastikan ketersediaan alat pengendali kebakaran dan instalasi listrik.

“Tetap siaga dan waspada. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah hal- hal yang tidak diinginkan,” tutur Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Budi Argap Situngkir seperti dikutip Antara, Jumat (10/9/2021).

Berita Terkait

Salah satu wujud kesiapsiagaan yang dilakukan, menurut dia, dengan menyediakan perlengkapan pemadam api ringan (APAR) siap pakai. Perlengkapan ini amat penting sebagai antisipasi pertama kali bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Budi menyampaikan jajarannya akan selalu siaga untuk mengantisipasi peristiwa kebakaran. Kelengkapan sarana dan prasarana untuk antisipasi kebakaran ikut jadi perhatian. “Kita tentunya wajib selalu siap siaga. Peralatan pemadam api selalu siap untuk digunakan,” tutur Budi.

Pengecekan instalasi listrik, menurutnya, butuh dilakukan dengan waktu yang teratur mengingat aspek pemicu kebakaran banyak terjadi akibat arus pendek listrik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button