Nusantara

Pengamat Sebut Medsos Sangat Efektif Sosialisasikan Pemilu di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Pengamat Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ahmad Sabiq menyatakan pada masa pandemi Covid 19, sosialisasi kepemiluan akan efektif jika dilakukan lewat media sosial. Dia menambahkan saat ini jumlah pengguna aktif media sosial cukup besar sehingga sangat efektif bila menjadi salah satu sarana sosialisasi.

“Sosialisasi saat pandemi memang sebaiknya dilakukan secara virtual untuk mencegah potensi kerumunan, selain itu sosialisasi melalui medsos memang cukup efektif menjangkau target sasaran,” kata Ahmad Sabiq seperti dikutip Antara, Selasa (29/6/2021).

Dikatakan, bila mengutip salah satu media di Tanah Air bahwa pengguna aktif media sosial mencapai 170 juta, berarti ini jumlah yang sangat besar sehingga dapat menjangkau banyak kalangan terutama kaum milenial. Kendati demikian, perlu konten-konten sosialisasi yang kreatif agar pesan yang ingin disampaikan dapat terdistribusi dengan baik.

“Selain itu perlu diingat bahwa masih cukup banyak penduduk yang belum bisa mengakses internet. Misalnya, di tempat-tempat terdepan, terluar dan tertinggal. Bahkan di Pulau Jawa ini saja masih ada lokasi yang akses internetnya masih terbatas,” ujarnya.

Untuk menyiasati hal tersebut, kata Sabiq, penyelenggara pemilu perlu terus melakukan berbagai terobosan dalam menyebarluaskan informasi dan sosialisasi kepemiluan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button