Nusantara

Anak Gajah Sumatera Kembali Lahir di Suaka Margasatwa Padang Sugihan

INDOPOSCO.ID – Populasi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Indonesia bertambah kembali dengan kelahiran seekor anak gajah jantan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Jalur 21 Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno menyatakan bahwa kelahiran satwa seperti ini menunjukkan kondisi ekosistem SM Padang Sugihan tersebut cukup nyaman untuk terjadinya perkembangbiakan.

“Itulah salah satu usaha yang sedang dibangun, dan saya berterima kasih kepada semua jajaran UPT Ditjen KSDAE se-Indonesia, agar kita terus menjaga dan meningkatkan kualitas ekosistem kita, yang dicirikan oleh kehadiran satwa-satwa langka ini yang terus berkembang biak di habitatnya,” ujarnya dilansir dari Antara, Minggu (20/6/2021).

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada tim BKSDA Sumsel atas pengelolaan ekosistem SM Padang Sugihan khususnya gajah di PLG dan perawat yang berhasil menjaga induk gajah sampai proses kelahiran.

“Kelahiran itu menjadi pertanda bahwa kondisi habitat dan kesejahteraan satwa menjadi kunci utama dalam pengelolaan gajah, sehingga mampu bereproduksi secara alami dan mudah-mudahan program ex situ link to in situ semakin terwujud,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button