Nusantara

Salat Ied Berjamaah di Lapangan Tergantung Zonasi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Umat muslim di Indonesia sebentar lagi akan menyelesaikan ibadah puasa dan akan menghadapi hari raya lebaran idulfitri. Puncak ibadah di bulan ramadan ditutup dengan salat i’ed berjamaah di masjid atau di lapangan.

Namun untuk tahun ini, pelaksanaan salat i’ed bergantung pada zonasi penyebaran Covid-19 daerah masing-masing. Hal itu sesuai ketentuan Surat Edaran (SE) Nomor 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan Kementrian Agama (Kemenag).

Panduan diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan Salat Idul Fitri sekaligus membantu negara dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Edaran ini mengatur kegiatan malam takbiran dan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan di masjid dan lapangan terbuka.

SE itu memberikan imbauan agar umat muslim pada malam takbiran dapat dilaksanakan di semua masjid dan musala secara terbatas dengan kapasitas maksimal 10 persen dan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Kegiatan takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian.

Kemudian, Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing, sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia dan ormas-ormas Islam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button