Nusantara

Tingkatkan Potensi Ekspor, Bea Cukai Gandeng Pemerintah Daerah

INDOPOSCO.ID – Untuk mengoptimalkan potensi ekspor dari daerah, Bea Cukai menggandeng instansi pemerintah terkait lainnya dari beberapa tempat. Diantaranya Pemkab Aceh Barat, Bengkulu Tengah, Tasikmalaya, Bondowoso, Bolaang Mongondow Selatan, dan Minahasa Tenggara. Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator.

Sebagai upaya menggenjot ekspor dari Kabupaten Aceh Barat, Bea Cukai Meulaboh menghadiri focus group discussion yang diadakan oleh Pemkab setempat, yang membahas mengenai kebijakan untuk mendorong perkembangan ekonomi dari tingkat gampong (desa). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Bappeda Aceh Barat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Bengkulu, Ardhani Naryasti, turut hadir pada penandatanganan nota kesepakatan dengan Pemkab Bengkulu Tengah yang dirangkaikan dengan rakor pelaksanaan anggaran tahun 2021 pada Selasa (30/3/2021) lalu. “Kami mengajak Pemkab Bengkulu untuk menginisiasi tumbuhnya kegiatan ekspor produk UMKM,” ujar Ardhani pada kesempatan ini.

Selain itu, Bea Cukai Tasikmalaya juga menggandeng Pemkab setempat untuk mendorong produk UMKM menembus pasar ekspor. Pejabat Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama Bea Cukai Tasikmalaya, Ismail Hakim, menjelaskan, “perananan Pemkab sangat diperlukan untuk meningkatkan ekspor UMKM, misalnya dengan menyelenggarakan pelatihan/bimbingan teknis ekspor untuk para pengusaha. Karena potensi produk UMKM ini besar sekali untuk bisa diekspor di masa persaingan global ini.”

Pada kesempatan ini, Kanwil Bea Cukai Jatim II bersinergi dengan Pemkab Bondowoso mengupayakan realisasi dari program ‘Melesat” (Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Terdepan dalam Bingkai Iman dan Takwa). Salah satu yang dilaksanakan adalah penandatanganan mou oleh tiga pihak, yakni PT. Nusantara Segar Abadi, PT. Bintang Toedjoe dan Pihak Universitas Muhammadiyah Malang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button