Nasional

Limbah Batu Bara Bermanfaat dan Ramah Lingkungan

INDOPOSCO.ID – Keberadaan limbah batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) di Jepang, China, Eropa, dan sebagainya justru sangat bermanfaat sebagai bahan pengganti semen untuk keperluan infrastruktur, baik jalan maupun bangunan. Banyak sekali pemanfaatan FABA.

”Di Jepang pemanfaatan FABA sudah sangat lama dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur,” kata Peneliti Institut Teknologi Surabaya (ITS) Dr Eng Januarti Jaya Ekaputri dalam webinar tentang ‘Pemanfaatan FABA bagi Perekonomian Nasional’ yang diselenggarakan PWI Jaya pada Jumat (9/4/2021). Webinar itu menghadirkan para peneliti lingkungan, praktisi, dan diikuti kalangan wartawan serta masyarakat.

Nah karena ketekunannya dalam meneliti, Januarti menjuluki FABA sebagai The Queen of Limbah. Dia mengatakan, di kebanyakan negara, pemanfaatan FABA sangat memasyarakat dan sudah berlangsung sangat lama.

Pada Maret 2021, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan limbah debu dari pembakaran batu bara ini dari katagori limbah B-3 (Bahan Berbahaya Beracun) melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 22/2021. ”PP ini sudah tepat dikeluarkan, karena FABA ini sangat bermanfaat baik sebagai bahan baku konstruksi maupun sebagai subtitusi,” kata Januarti yang pada 2017 mendapat anugerah sebagai peneliti terbaik Indonesia.

Dia juga mengungkapkan, penelitian terhadap tikus yang sengaja diberi makanan bercampur FABA, ternyata hasilnya tikus tidak mati dan tubuhnya justru bertambah beras secara signifikan.

”Karena itu PP No 22/21 sangat tepat,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button