Nusantara

Karya Spesial, RK Gabungkan 22 Produk di Jabar-Jateng-Jatim

INDOPOSCO.ID – Ridwan Kamil (RK) atau Kang Emil, gubernur Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi dengan produsen sekitar 22 produk lokal di Jabar, Jawa Tengah (Jateng) hingga Jawa Timur (Jatim) untuk memproduksi sebuah karya spesial.

“Kolaborasi ini menjadi peristiwa pertama di Indonesia, di mana endorser seorang pejabat, mengendorsnya itu bukan mempromosikan langsung. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya,” katanya, di Bandung, Senin (8/3/2021).

Kang Emil mengatakan, kolaborasi tersebut tidak sekadar ‘gimmick’ karena dirinya secara langsung ikut corat-coret desain tiap produk. “Tapi terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang saya desain khusus,” ujarnya.

Menurut RK, kolaborasi tersebut dinamai #inilokalinikolaborasi yang bertujuan bukan hanya ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena Pandemi Covid-19.

“Saya ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya. Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim,” tandasnya.

Kang Emil berharap kolaborasi ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolong dengan cara unik tidak harus bersifat memberi modal. “Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek, sehingga brand juga punya semangat yang klik,” ujarnya.

Kang Emil menuturkan, saat ini proses kolaborasi baru tahap finalisasi desain akhir menjelang produksi dan rencananya produk akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Di samping ikut mendesain, Kang Emil juga ingin total dalam proses marketing dengan harapan produk bisa dijual dengan harga tinggi dan memberi dampak positif bagi pelaku usaha industri lokal.

Selain itu, lanjut dia, rencananya produk tersebut akan diluncurkan bersama selebriti dengan konsep lelang. “Jadi nanti semua teknik marketing akan kami maksimalkan baik postingan dari saya, ada influencer, selebriti yang mau dilaunching dalam bentuk lelang,” tandasnya.

Kang Emil memberikan bocoran bahwa produk yang ia desain mengusung tema dwi warna atau duo tone dengan balutan aksen batik mega mendung dan dirinya memastikan, produk yang dibuat punya kualitas baik.

“Saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru, itu dunia saya. Waktu saya dosen, proses mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer,” kata Kang Emil.

Dia berharap gerakan yang ia gagas bisa membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi dan dirinya meyakini, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk mancanegara. “Kemarin kan presiden berstatement untuk mendukung produk lokal. Mari dukung produk lokal dan beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar,” ujarnya.

“Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar tanpa memberi tahu karena saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik,” lanjut Kang Emil dikutip Antara. (aro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button