Nusantara

Bea Cukai di Kalimantan Musnahkan Berbagai Barang Ilegal Hasil Sitaan

INDOPOSCO.ID – Kantor Bea Cukai di wilayah Kalimantan kembali menggelar pemusnahan berbagai jenis barang ilegal hasil sitaan yag telah berstatus sebagai barang milik negara (BMN). Hal ini merupakan salah satu kegiatan rutin Bea Cukai dalam menindaklanjuti hasil sitaan sebagai bentuk transparansi dan pengamanan terhadap peredarannya.

Kali ini, beberapa kantor Bea Cukai yang memusnahkan barang ilegal diantaranya Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar), Bea Cukai Nunukan, dan Bea Cukai Tarakan.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalbagbar, Azhar Rasyidi menjelaskan pada pemusnahan ini, disamping menyebabkan kerugian materiil terdapat juga kerugian immaterial.

“Pemusnahan dilakukan juga karena dampak kerusakan kesehatan masyarakat, dampak gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat, serta dapat mengganggu industri dalam negeri,” jelas Azhar, Senin (8/3/2021).

Azhar mengungkapkan, sebanyak 20,141 kg narkoba jenis sabu dari empat kasus pengungkapan di bulan Februari 2021, telah dimusnahkan dengan cara dibakar, di halaman Direktorat Narkoba Polda Kalbar. Pengungkapan keempat kasus tersebut merupakan bentuk kerja sama Kanwil Kalbagbar dan Polda Kalbar bersama BNN.

“Dari hasil pengungkapan ini bisa kita selamatkan 161.130 jiwa dari 20.141.24 gram sabu kalau diestimasi satu gram sabu untuk delapan jiwa, dengan demikian kita dapat menyelamatkan generasi muda,” ujarnya.

Kemudian, Bea Cukai Nunukan juga menggelar pemusnahan BMN hasil penindakan periode 2020, pada Kamis (4/3/2021) di halaman Kantor Bea Cukai Nunukan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button