Nusantara

Pemkab Cianjur Siapkan Penanganan Sampah Jangka Panjang dan Menengah

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyiapkan penanganan jangka menengah dan panjang untuk sampah. Seperti membangun Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPAS) baru di Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon. Itu dilakukan sebagai upaya mengatasi kelebihan kapasitas di TPSA Pasirsembung yang masih dipaksakan untuk menampung sampah dari berbagai wilayah di Cianjur.

“Untuk jangka menengah kita perluas lahan TPAS Pasirsembung yang saat ini sudah kelebihan kapasitas, sambil menunggu TPSA yang baru selesai dibangun. Kami juga mengajak masyarakat untuk melakukan pemilihan dan pengolahan sendiri, sehingga volume sampah yang dibuang ke TPAS dapat ditekan,” kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, Minggu (21/2/2021), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, Hari Peduli Sampah nasional yang jatuh pada Minggu (21/2/2021) ini seharusnya menjadi momentum bagi masyarakat agar memulai tidak buang sampah sembarangan. Serat memanfaatkan sampah dapat diolah atau didaur ulang.

“Sehingga sampah rumah tangga, tidak menambah beban TPSA yang sudah kelebihan pasitas sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan kami akan mengencarkan bank sampah di masing-masing desa yang selama ini menyumbang sampah terbesar di Cianjur,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button