Nusantara

Bea Cukai akan Terus Gempur Rokok Ilegal

INDOPOSCO.ID – Mengawali tahun 2021 dan mengantisipasi beredarnya rokok ilegal sebagai dampak kebijakan tarif cukai 2021, Bea Cukai kembali melakukan berbagai operasi untuk menghilangkan peredaran rokok ilegal di tanah air. Bea Cukai di berbagai daerah melakukan operasi Gempur Rokok yang sudah dilakukan sejak 2018 dengan menindak beberapa upaya penyelundupan dengan berbagai modus.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, R Syarif Hidayat, membenarkan bahwa Bea Cukai tidak henti-hentinya menindak segala bentuk upaya pelanggaran di bidang cukai. “Kami masih akan terus melakukan penindakan atas upaya penyelundupan rokok ataupun peredaran rokok ilegal di Indonesia,” ungkap Syarif.

Pada hari Senin, 8 Februari 2021, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY berhasil mengamankan sebuah truk di Jalan Tol Semarang-Batang KM. 389, Semarang, Jawa Tengah yang mengangkut rokok polos senilai Rp734,4 Juta. Sopir yang dibayar sebesar Rp14 Juta mengaku hanya diminta untuk membawa muatan berisi buah naga, salak, dan paket yang tidak diketahui isinya. Setelah petugas melakukan penggeledahan, ditemukan paket yang tidak diketahui merupakan rokok polos tanpa pita cukai.

Sopir berinisial EP dan kernetnya (SL) mengangkut 45 koli rokok polos atau tanpa dilekati pita cukai yang ditutupi dengan muatan buah naga dan salak. Potensi kerugian negara yang berhasil dimankan diperkirakan mencapai Rp482,63 Juta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button