Nusantara

Kondisi Jalan di Bundaran Mandala Lebak Makin Parah

INDOPOSCO.ID – Sejumlah warga di Kabupaten Lebak, Banten, mengeluhkan karena belum jelas instansi mana yang bertanggung jawab pada kerusakan jalan strategis di bundaran Mandala, Desa Kaduagung Tengah, Kecamatan Cibadak makin rusak.

Pantauan INDOPOSCO di lokasi, ruas jalan tersebut di depan pos polisi lalu lintas di Mandala cukup memprihatinkan. Badan jalan dipenuhi lubang dengan diameter kurang lebih satu meter dengan kedalaman 10 sentimeter. Kondisi tersebut membuat pengguna jalan harus memperlambat laju kendaraan. Bahkan, mereka harus memilih badan jalan yang akan dilalui agar kendaraannya tidak membentur batu atau material lainnya.

Fariz, warga Kaduagung mengatakan, kerusakan jalan nasional di Mandala sudah lama dikeluhkan masyarakat. Bahkan, jalan di sana tidak pernah bertahan lama. Tahun lalu, jalan nasional itu diperbaiki, tapi beberapa bulan kemudian jalan sudah kembali hancur. Kondisi tersebut tentu saja membahayakan keselamatan pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua. Karena kerusakan jalan yang cukup parah berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Sekarang, sudah satu bulan lebih jalan di sini dibiarkan rusak. Kami minta, kepada pengelelola jalan nasional untuk segera melakukan penanganan agar tidak membahayakan masyarakat,” kata Fariz, Rabu 10/2/2021).

Menurutnya, kerusakan jalan di depan pos polisi lalu lintas di Mandala bukan persoalan baru. Ada dua persoalan yang tidak terselesaikan pengelola jalan dalam menangani persoalan jalan nasional di Mandala. Pertama, karena drainase di sana tidak berfungsi maksimal, sehingga air hujan menggenang dan akhirnya mempercepat kerusakan jalan. Kedua, diduga kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut melebihi tonase jalan (overtonase).

“Saya menduga seperti itu. Karena tiap hari kendaraan yang melebihi tonase jalan melintas di sana. Jika hujan, sering terjadi genangan,” terangnya.

Dia dan masyarakat berharap, pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera memperbaiki jalan strategis di Mandala dan daerah lainnya di Lebak. Jika jalan rusak dibiarkan, maka kerusakannya akan bertambah parah dan yang dirugikan adalah masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button