Nusantara

Undip Kembangkan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

INDOPOSCO.ID – Pusat Riset Teknologi IHUDRC Universitas Diponegoro tenah mengembangkan rumah yang terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pusat Riset Teknologi ini bukan hanya sekadar memproduksi tetapi juga berusaha memenuhi kriteria kelayakan luas yang menjadi concern pada saat pandemi Covid-19.

Kepala Pusat Riset Teknologi Inclusive Housing and Urban Development Research Center (IHUDRC) Undip Dr.-Ing. Asnawi Manaf, S.T., seperti dikutip Antara, Jumat (5/2/2021) menyatakan selama ini sudah sangat langka rumah subsidi dengan ukuran 36. Namun, dengan skema perumahan berbasis komunitas yang didukung oleh kolaborasi academic, business, community, dan government (ABCG), IHUDRC telah membuktikan mampu menyiapkan hunian masyarakat dengan layak serta terjangkau (affordable and adequate housing).

Pada saat ini, pihaknya tengah mencoba mengembangkan perumahan MBR untuk 200 unit tipe 36 luas tanah 60 meter persegi di atas lahan 2 hektare di Desa Branjang, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, bagi masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 6 juta per bulan.

Sebelumnya, IHUDRC membangun perumahan berbasis komunitas sebanyak 58 unit di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dengan luas bangunan 6 x 6 meter persegi di atas tanah seluas 14 x 6 meter persegi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button