Menteri PANRB Fokus Tingkatkan Kualitas Layanan Publik dan Percepat Transformasi Digital

INDOPOSCO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini memaparkan progres kinerja instansinya tahun 2025 dan rencana kerja tahun depan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR baru-baru ini. Kementerian PANRB akan terus menjadi motor penggerak transformasi birokrasi digital.
“Sepanjang tahun 2025, Kementerian PANRB fokus melaksanakan sejumlah program prioritas, antara lain penataan kelembagaan, penyusunan arah reformasi birokrasi, serta peningkatan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi pemerintahan,” kata Rini di Jakarta, Kamis (10/7/2025).
Sementara pada 2026, Kementerian PANRB akan fokus pada pelaksanaan roadmap reformasi birokrasi (RB) tahap I. Seperti penguatan akuntabilitas kinerja, transformasi manajemen ASN berbasis talenta dan layanan publik omnichannel.
Selain itu, reformasi proses bisnis pemerintahan yang agile dan kolaboratif, serta transformasi digital untuk memberikan dukungan penuh terhadap program prioritas Presiden.
Pada penerapan roadmap RB tahap I akan dilakukan integrasi kebijakan evaluasi RB dengan kementerian/lembaga meso serta penerapan RB di level desa. Di tahun akan datang, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKP) harapannya juga sudah bisa mulai diimplementasikan.
SAKP merupakan inisiatif untuk menyelaraskan kinerja instansi pemerintah, dari yang semula bersifat instansional menjadi kinerja bersama (shared outcome).
“Perubahan ini mendorong setiap Kementerian/Lembaga bergerak secara sinergis untuk mencapai outcome bersama, yaitu Target Prioritas Pembangunan Nasional,” imbuh Rini.
Mengenai transformasi manajemen ASN, Kementerian PANRB akan melakukan penguatan digitalisasi manajemen ASN, penerapan manajemen talenta, dan penguatan manajemen ASN berbasis meritokrasi atau sistem merit. Tidak hanya itu, pada 2026 peran transformasi digital pemerintah juga akan diperkuat. (dan)