Nasional

Pemerintah Gelar FAM Trip Promosikan Bali dan Lombok Gaet Market India

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menggelar Familiarization Trip (FAM Trip) bagi Key Opinion Leader (KOL) yang berasal dari India, untuk memperkenalkan dan mempromosikan Bali Utara, Bali Timur, dan Lombok. Tujuan fam trip sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dari Asia Selatan khususnya India ke Indonesia 2025.

Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri, dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (10/12/2024) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemenpar dengan MakeMyTrip yang merupakan salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di India dalam rangka mempromosikan destinasi ‘Bali and Beyond’.

“FAM Trip dengan MakeMyTrip ini menjadi investasi jangka panjang dalam upaya membangun pariwisata yang kompetitif secara global. Dengan menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan wisatawan India, salah satu pasar ‘outbound’ terbesar dunia, maka program ini akan membantu memperkuat sektor pariwisata sebagai penggerak utama perekonomian nasional,” kata Menpar Widiyanti.

Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan bahwa FAM Trip dilaksanakan pada 4-11 Desember 2024 di Lombok dan Bali. Peserta yang berpartisipasi terdiri dari 4 KOL dari India, yaitu Bhavini Nareshkumar Purohit (IG @purohitbhavini), dan Dhaval Praskah Dave (IG @dhavalmavreck) yang merupakan ‘couple’ KOL, serta Anvit Oberoi (IG @anvitoberoi), dan Srishti Mehta (IG @pahadan) yang merupakan ‘millennials’ KOL.

Pelaksanaan FAM Trip KOL ini difokuskan untuk menjaring segmentasi ‘honeymooners’ dan ‘millenials’ dari India yang jumlahnya cukup besar. Selain itu, FAM Trip kali ini juga mempunyai misi memperkenalkan atraksi dan destinasi baru di Bali Utara, Bali Timur, dan Lombok.

“Bali selatan sudah menjadi destinasi yang sangat dikenal oleh wisatawan mancanegara khususnya India. Melalui FAM Trip ini kami ingin mengenalkan Bali Utara dan Bali Timur yang tidak kalah menawan. Selain Bali, kami ingin memperkenalkan juga destinasi Lombok yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Mereka bisa menambahkan Lombok dalam perjalanan wisatanya, karena jaraknya sangat dekat dengan Bali, hanya membutuhkan 45 menit menggunakan pesawat,” kata Made.

Ni Made menambahkan, pelaksanaan FAM Trip kali ini didukung oleh berbagai pemangku kepentingan industri pariwisata Indonesia, yaitu A&T Holidays, Tria Uma Wisata Tours & Travel, Luxury Bali Tours, The Kayana Beach Lombok, The Westin Resort & SPA Ubud, W Bali Seminyak, dan Plataran Indonesia.

Peserta FAM Trip tiba di Indonesia pada 4 Desember 2024 dan bermalam di The Kayana Beach Lombok yang berada dekat dengan Pantai Kecinan di Lombok Utara yang dikelilingi oleh perairan sebening kristal, pantai berpasir alami, dan taman lanskap. Di destinasi itu para peserta dapat beristirahat dengan nyaman dan merasakan fasilitas resor mewah berkonsep private villa sambil menikmati pemandangan laut dan desiran ombak pantai.

Di Lombok, peserta diajak mengunjungi Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air untuk merasakan pengalaman snorkeling di perairan biru jernih di sekitar Kepulauan Gili. Ketiga lokasi ini menawarkan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah, dimana taman karang di sekitar pulau dipenuhi dengan kehidupan laut, termasuk ikan kupu-kupu, ikan damselfish, ikan buntal, ikan badut, ikan anemon, ikan singa zebra, udang mantis, bintang laut, serta penyu.

Bahkan di Gili Meno peserta dapat menyaksikan keindahan patung “Nest” yang berada di bawah laut karya Jason deCaires Taylor, pemahat terkenal asal Inggris. (ney)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button