Nasional

Kolaborasi dengan BRIN, BPOM Bakal Terapkan Kecerdasan Buatan Untuk Ini

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bakal mengadopsi kecerdasan buatan untuk mendukung keamanan pangan nasional. Hal ini dilakukan untuk menghadapi insiden keamanan pangan.

Plt. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, BPOM Ema Setyawati menekankan peranan registrasi pangan sebagai salah satu pendekatan yang dilakukan pemerintah. Peranan tersebut untuk mewujudkan keamanan pangan atas pengawasan keamanan mutu dan gizi yang terkandung di dalamnya.

“AI berpeluang untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyimpangan atas mutu dan keamanan produk olahan pangan, serta memitigasi terhadap insiden keamanan pangan,” ujar Ema Setyawati di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Ia mengatakan upaya BPOM mengadopsi AI akan mengakselerasi transformasi digital BPOM dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Apalagi BPOM memiliki modal yang kuat, khususnya dengan indeks SPBE 4,08 dengan predikat Sangat Baik dan komitmen pelayanan yang tinggi, sangat memungkinkan BPOM untuk mengadopsi AI.

Kegiatan tersebut akan menghadirkan pembicara kunci yaitu Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Cahyono Tri Birowo.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button