Nasional

Simak Cara Bea Cukai Kawal Produk UMKM Terjun ke Pasar Internasional

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai kawal perkembangan para pelaku UMKM untuk sukses pasarkan produknya ke mancanegara. Menggandeng berbagai pihak, Bea Cukai menjelaskan berbagai hal penting kepada UMKM masing-masing di Riau dan Jawa Timur.

Kanwil Bea Cukai Riau bersama Kemenkeu Satu Provinsi Riau gelar sosialisasi e-commerce UMKM pada Kamis (27/6/2024). Menggandeng Iis Muchlis, CEO dan founder Boouraq.com salah satu situs e-commerce Indonesia, kegiatan ini turut dihadiri kelompok UMKM binaan Kemenkeu Satu Riau yang berdomisili di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Dalam pemarannya Iis menekankan bahwa permasalahan utama UMKM adalah bagaimana menjaga tingkat konsistensi produksi meskipun terdapat berbagai faktor yang menghambat permintaan pasar. Menurutnya para UMKM tidak perlu menunggu produk sampai berkontainer-kontainer untuk dapat melakukan ekspor, tetapi jika mampu memproduksi dalam jumlah kecil dan berlanjut secara konsisten, maka yang kecil tadi akan berkembang menjadi lebih besar lagi ke depan.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya penggunaan bahasa asing dalam menjabarkan komposisi produk, seperti kandungan bahan baku, komposisi, perizinan, hingga bentuk dan jenis kemasan untuk memikat calon pembeli di pasar global.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button