Nasional

Tingkatkan Literasi Zakat, BAZNAS RI – Muhammadiyah Luncurkan Program Beasiswa Studi dan Riset

INDOPOSCO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan program beasiswa studi dan riset untuk program magister (S1) dan doktoral (S3) kader Muhammadiyah, sebagai upaya peningkatan literasi, pengembangan riset, dan penelitian di bidang zakat.

Program Beasiswa Riset BAZNAS merupakan program pembiyaan dana riset tugas akhir mahasiswa/i dari jenjang sarjana, magister, doktoral serta lembaga/kelompok riset yang terdiri dari akademisi/praktisi.

Kegiatan Kick Off Program Beasiswa BAZNAS RI dan PP Muhammadiyah tersebut diselenggarakan secara daring, Senin (1/7/2024). Turut hadir, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D., serta Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Prof Dr. Bambang Setiaji, M.Si.

“Ada dua hal yang penting kami melakukan program ini. Pertama memperkuat kolaborasi antara BAZNAS dengan ormas-ormas Islam terutama ormas besar termasuk di dalamnya Muhammadiyah,” ujar Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA.

Kiai Noor menegaskan, kolaborasi antara BAZNAS dengan Muhammadiyah dalam pemanfaatan dana zakat bisa memberikan manfaat yang besar bagi kepentingan umat terutama dalam pengembangan pendidikan dan literasi zakat. Terlebih, lanjutnya, Muhammadiyah merupakan salah satu ormas Islam terbesar di tanah air.

“Yang kedua adalah untuk memperkuat literasi zakat kita, kita tahu bahwa literasi zakat kita di Indonesia bahkan di dunia masih minim, karenanya perlu terus didorong melalui program beasiswa untuk mengembangkan riset dan penelitian kita di bidang zakat,” jelasnya.

“Kita juga tahu, Muhammadiyah memiliki kontribusi yang besar terhadap pendidikan umat di Indonesia, karenanya BAZNAS juga mengambil peran untuk memperkuat itu, Rp10 miliar kita alokasikan untuk program beasiswa para kader Muhammadiyah yang membutuhkannya,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button