Nasional

Penyidik KPK Periksa Hasto Kristiyanto, Adian Napitupulu Sesalkan Layaknya Teroris

INDOPOSCO.ID – Pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rossa Purbo Bekti pada Senin (10/6/2024) terus mendapat kecaman karena diperlakukan seperti teroris.

Hal tersebut ditegaskan oleh politisi PDIP Adian Napitupulu, lantaran Hasto dibiarkan kedinginan oleh penyidik di ruang pemeriksaan berjam-jam.

“Lalu saya carilah interogasi di ruangan dingin itu standar. Itu standar pemeriksaan terhadap teroris, terhadap lawan-lawan musuh negara dan sebagainya,” ungkap Adian Napitupulu dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Tata Cara Hukum dan Model Kerja Aparat Penegak Hukum pada Kasus Politik’ di Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2024).

Adian menyesalkan sikap KPK yang membiarkan Hasto kedinginan di ruang pemeriksaan itu. Ia pun menyebut, ada maksud lain dari penyidik KPK Rossa Purbo Bekti saat memeriksa Hasto.

“(Hasto, red) dipanggil sebagai saksi, lalu masuk ke dalam ruangan itu diperiksa suhunya. Kalau sangat dingin itu namanya bukan saksi. Kenapa? Karena ruangan dingin itu bagian dari desain ruangan untuk melakukan interogasi, membuat tidak nyaman, orang lebih cepat mengaku dan sebagainya,” cetus Adian.

Oleh karena itu, Adian mempertanyakan sikap KPK saat memeriksa Hasto. Ia pun mendorong Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) untuk memberi atensi terhadap dugaan pelanggaran kode etik oleh penyidik KPK.

“Nah dari rangkaian ini tolong dong ada penjelasan jelas dari negara, dari KPK, dari Menkopolhukam ada apa sih? Apakah kalian tidak mampu menundukkan kami dengan argumentasi? Apakah kalian tidak mampu membuat kami menyerah dengan cara yang lain? Sampai kemudian cara-cara seperti yang digunakan, kan seperti itu,” tegas Adian.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button