Nasional

Pemenuhan BBM, DPR: Pertamina Tembus Jalur Rumit

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan menilai positif upaya Pertamina yang terus memperluas jangkauan distribusi sampai ke pelosok tanah air. Termasuk distribusi bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi ke berbagai wilayah remote yang sangat sulit dijangkau dan secara bisnis tidak menguntungkan. Bahkan jalur distribusi tersebut, juga dinilai sebagai jalur terkompleks dan sangat rumit.

“Upaya Pertamina patut diapresiasi dengan terus memperluas outlet BBM nonsubsidi,” ujar Nasim Khan kepada indopos.co.id, Kamis (27/6/2024).

Hal ini, menurutnya, akan memudahkan akses energi, sehingga masyarakat di wilayah pelosok pun dapat menikmati BBM berkualitas.

Upaya Pertamina dalam melayani kebutuhan BBM tersebut merupakan tantangan tersendiri.

“Distribusi energi yang dilakukan Pertamina saat ini merupakan jalur terkompleks (rumit), sehingga harus dikelola dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Di sisi lain, Nasim tidak menepis, bahwa jangkauan distribusi Pertamina hingga ke wilayah terpencil tersebut, tidak seluruhnya menguntungkan dari sisi bisnis. Namun sesuai amanah UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, BUMN seperti Pertamina harus menjalankan peran sebagai entitas bisnis di satu sisi, namun pada saat bersamaan harus melaksanakan fungsi pelayanan publik yang tidak hanya mempertimbangkan aspek komersial.

“Hal itu tentu berbeda dengan swasta,” ucap Nasim.

Berbagai upaya Pertamina, masih ujar Nasim, berperan penting dalam menjaga ketahanan energi sekaligus menggerakkan roda ekonomi di seluruh penjuru tanah air. Hal tersebut sesuai amanah undang-undang, bahwa dalam mengelola energi nasional harus mengacu pada prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability dan sustainability.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button