Nasional

Maju Bersama Bela dan Beli Produk UMKM

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dokter Hasto membuka Pameran dan Gelar Dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan dan UMKM, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024). Kegiatan ini menjadi rangkain pelaksanaan hari keluarga berencana nasional yang puncak peringatan akan diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, 29 Juni mendatang.

Dalam pembukaan pameran, dokter Hasto menekankan masyarakat Indonesia harus saling mendukung dalam pertumbuhan ekonomi. Saling bertukar hasil karya, karena semua wilayah di Indonesia memiliki potensi dan keunikan masing-masing, dan alamnya memiliki produk dan keunggulan yang saling membutuhkan.

“Untuk kita maju bersama itu kuncinya kita saling membela dan saling membeli produk ke lokalan. Saya agak prihatin, untuk hal sepele air minum saja kita harus masuk ke capital besar dan memperkaya negara lain. Padahal itu semua adalah milik kita bersama,” ungkap dokter Hasto.

Lebih lugas dia menjabarkan dalam kesempatan gelaran pameran, perputaran uang untuk saling membeli, baik produk makanan atau pun hasil kerajinan tangan, sampai perabotan rumah tangga diproduksi oleh UMKM. Dalam kegiatan pameran tersebut semua provinsi memamerkan hasil karya terbaik. Meski didominasi pakaian, makanan, tapi semua mempertontonkan kualitas yang sangat baik dari semua peserta pameran.

“Jangan semua berbasis asing, kalau bukan kita beli dan bela produk kita sendiri, maka kita akan menjadi rapuh. UMKM ini juga penopang ekonomi nasional. Kalau perusahaan besar bangkrut langsung pemutusan tenaga kerja skala besar, tapi UMKM akan lebih kuat, apalagi kalau kita saling menopang,” pinta.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button