Nasional

KPK: Komitmen Bersama Lintas Negara dalam Memberantas Korupsi Tingkat Tinggi Sangat Penting

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpartisipasi sebagai pembicara dalam pertemuan terbatas tingkat tinggi High-Level Meeting of Law Enforcement and Anti-Corruption Authorities on Combatting High-Level Corruption, di Vilnius, Lithuania, Kamis (20/6/2024).

Forum tertutup yang berlandaskan pada aturan Chatham House tersebut dihadiri oleh 30 orang delegasi tingkat tinggi dari berbagai negara dan kawasan, guna berbagi pandangan dan pengalaman terkait high-level corruption, yaitu korupsi yang dilakukan oleh pejabat tinggi negara dan pebisnis besar.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan pandangan mengenai pentingnya komitmen bersama lintas negara dalam memberantas korupsi tingkat tinggi.

“Khususnya karena pelaku cenderung memiliki akses untuk melarikan diri atau menyembunyikan asetnya di yurisdiksi asing. Untuk mempersempit ruang gerak koruptor serta memulihkan kerugian negara, perbedaan definisi korupsi antar negara tidak seharusnya menjadi hambatan bagi penegakan hukum,” papar Ghufron.

Forum tersebut menghasilkan pernyataan bersama dari perwakilan lembaga antikorupsi 25 negara dan 5 organisasi penegakan hukum internasional, yang antara lain menekankan pentingnya kerja sama internasional, peningkatan kapasitas lembaga dan personel pemberantasan korupsi, penguatan kerangka hukum dan peningkatan independensi sistem peradilan.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button