Nasional

MSG Tegaskan Papua Stabil dan Kondusif

INDOPOSCO.ID – Tim Melanesian Spearhead Group (MSG) yang dipimpin Direktur Jenderal Leonard Louma dan Penasehat Eksekutif Christopher Nisbert menegaskan, secara umum Papua dalam keadaan stabil dan kondusif. Aktivitas ekonomi dan sosial kemasyarakatan pun berjalan dengan baik dan normal.

Hal tersebut terungkap setelah kedua petinggi MSG berkunjung dan melakukan observasi ke Bumi Cenderawasih melalui perjalanan darat dari Port Moresby Papua Nugini (PNG) ke Jayapura, pada Senin (17/6/2024).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Komunikasi Publik Kesejahteraan Papua, Usman Kansong pun mengapresiasi kunjungan keduanya yang dianggap sebagai langkah baik karena bisa secara langsung melihat kondisi dan berbagai pembangunan yang telah dilakukan pemerintah di tanah Papua.

“Ini menjadi langkah positif dan apresiasi buat MSG karena kedua pimpinannya bisa menyaksikan bagaimana kondisi real di Bumi Cenderawasih,” kata Usman yang juga merupakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, seperti dikutip, Selasa (18/6/2024).

Pada kunjungannya, baik Leonard Louma maupun Christopher Nisbert sependapat bahwa Indonesia juga bisa menjadi contoh yang baik bagaimana sebuah negara mengelola perbatasannya. Good practices untuk di tiru di daerah-daerah perbatasan antarsesama negara MSG. Misalnya Kawasan perbatasan antara Vanuatu dan Solomon Island dimana masih terus berlangsung kegiatan-kegiatan ilegal.

Keduanya juga meyakini peran penting Indonesia di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) akan turut menentukan dan penting bagi negara-negara anggota MSG. Hal ini karena akan memberikan berbagai keuntungan dan manfaat di berbagai bidang.

Secara khusus Leonard Louma mengungkapkan jika dirinya akan mendorong kerja sama bidang perkebunan di MSG dan akan melibatkan Indonesia yang salah satunya melalui program perkebunan Vanili di Vanuatu Solomon Islands.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button