Nasional

Tes Genomik, Untuk Mengetahui Risiko Penyakit Keturunan

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Lucia Rizka Andalucia mengatakan penting untuk melakukan tes genomik guna mengetahui risiko penyakit keturunan sehingga dapat melakukan upaya preventif atau pencegahan.

“Ada gen-gen yang menyebabkan penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, dan sebagainya. Sehingga dengan melakukan pemeriksaan genomik ini, dapat mendeteksi lebih awal risiko apa yang kita miliki dan kita bisa menghindari dengan merubah pola hidup kita,” katanya melalui sambungan video saat peluncuran Nutrigenme Life di Jakarta, Jumat.

Adapun dua di antara tes genomik untuk variasi gen di bidang kesehatan ialah nutrigenomic dan farmakogenomik.

Berita Terkait

Nutrigenomik merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik dan yang mampu menginduksi ekspresi gen dalam tubuh.

Sedangkan farmakogenomik yaitu studi tentang peran genom dalam respons obat dan menganalisis bagaimana susunan genetik seseorang mempengaruhi respons mereka terhadap obat.

Baca Juga: Cegah Kanker Kulit, Ini Saran Waktu Olahraga di Luar Ruang

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaan KALGen Innolab meluncurkan Nutrigenme Life, pemeriksaan genetik terbaru yang dapat menganalisa variasi DNA berkaitan dengan pola hidup individu.

Proses sekuensing gen dan analisanya akan dilakukan di dalam negeri sehingga KALGen Innolab menjadi laboratorium pertama yang melakukan tes nutrigenomik secara inhouse di Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button