Nasional

Gandeng Koperasi dan TTI, Kementan Pasarkan Beras Petani ke 6 Titik di Jakarta

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan Masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanamam Pangan bekerjasama dengan Koerasi Maju Mandiri Terpercaya dan Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) untuk memasarkan beras produksi petani dengan Harga Terjangkau. Penjualan beras ini di 6 lokasi, tersebar di wilayah Jakarta Timur dan satu lokasi di Jakarta Selatan pada minggu ke tiga Desember 2022.

Koordinator Substansi Data Evaluasi dan Pelaporan Ditjen Tanaman Pangan, Batara Siagian menyampaikan jumlah beras yang dipasarkan oleh Koperasi Koperasi Mandiri Maju dan Terpercaya sebanyak 2,5 ton. Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat guna mendapatkan harga pangan khususnya beras yang relatif murah dan juga sebagai salahsatu langkah pengendalian Inflasi di titik-titik tertentu.

“Sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar kita hadir di tengah tengah masyarakat, menyiapkan pasokan pangan termasuk di saat menghadapi Nataru. Karena itu, kegiatan ini akan rutin diadakan selama bulan Desember Tahun ini dan kedepannya Ditjen Tanaman Pangan akan mendekatkan beras petani ke end user seperti ibu ibu PKK melalui Koperasi Mantap dan Toko Tani Indonesia,” kata Batara pada pelepasan beras ke 6 lokasi tersebut di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Batara menyebutkan harga beras Rp 9.700/kg atau Rp. 48.500/pack kemasan ukuran 5 kg. Harga ini memang sedikit lebih tinggi dari HET karena memang harga di pasaran saat ini berkisar Rp.10.000.

“Tentunya dengan harga yang relatif murah ini di harapkan dapat membantu masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Rayakan Hari Antikorupsi, Kementan Ajak Generasi Muda Lakukan Ini

Perlu diketahui, pada tanggal 14 Desember 2022, Koperasi Mandiri Maju dan Terpercaya yang dikenal dengan Koperasi Mantap menjual beras medium produksi Poktan Makmur Jaya Cikande dengan Rp 9.700/Kg pada event Pasar Tani Kementerian Pertanian yang digelar di halaman parkir Direktorat PPHTP. Kelompok Tani penerima bantuan Vertical Dryer tersebut bersedia menjual beras melalui Koperasi Mantap dengan harga lebih rendah dari harga pasar karena wujud kepedulian terhadap konsumen terutama menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Pasar Tani juga memasarkan hasil petani seperti bawang merah, cabe dan telur serta daging ayam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button