Nasional

Kemendag Tekankan Pentingnya Standardisasi dan Sertifikasi Produk UMKM

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perdagangan mendorong kompetensi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat naik kelas dengan menerapkan standardisasi dan sertifikasi untuk meningkatkan daya saing produk.

“UMKM perlu meningkatkan dan menjaga konsistensi mutu produk yang dihasilkan, sehingga kualitasnya dapat memenuhi persyaratan standar/teknis di nasional maupun internasional,” kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono di Jakarta, seperti dikutip Antara, Selasa (22/11/2022).

Ia menilai standardisasi dan sertifikasi akan meningkatkan daya saing produk produk-produk UMKM agar dapat masuk menjadi bagian dari rantai perdagangan global.

Oleh karena itu, sosialisasi dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Kementerian Perdagangan yang bersinergi dengan mitra kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi.

Tujuan sosialisasi adalah agar pelaku usaha dan masyarakat di Kota Bekasi mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait standardisasi dan membangun citra produk.

Hal ini akan memberikan kontribusi yang lebih besar dan lebih baik lagi dalam pemastian mutu barang, baik barang yang dikenai Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib maupun barang yang berpotensi ekspor.

Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu (Standalitu) Dyah Palupi menambahkan, untuk meningkatkan konsumsi dan perlindungan masyarakat, pelaku usaha didorong untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang berlaku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button