Nasional

Belanja Alkes Dalam Negeri Tingkatkan Ketahanan Sektor Farmasi

INDOPOSCO.ID – Produksi dan belanja alat kesehatan dalam negeri diharapkan dapat dimaksimalkan guna meningkatkan ketahanan sektor kefarmasian dan alat kesehatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/11), menyampaikan pada 2022 Kementerian Kesehatan menganggarkan belanja alat kesehatan dan obat-obatan sekitar Rp38 triliun.

Dari jumlah tersebut, sekitar Rp17 triliun dialokasikan untuk belanja obat, vaksin dan alat kesehatan produksi dalam negeri. Alokasi belanja itu saat ini sudah mencapai Rp8 triliun.

Saat ini, disampaikan, lebih dari 90 persen total pasar alat kesehatan Indonesia merupakan produk impor.

“Pasar kita sangat besar sekali. Kalau belanja sektor kesehatannya sebagian besar masuk ke Indonesia dan tidak keluar negeri maka pertumbuhan ekonomi kita akan tertopang tinggi dengan ini,” tuturnya Rabu (2/11), seperti dikutip Antara.

Menkes mengatakan untuk mencapai target belanja kesehatan yang sebesar Rp17 triliun itu, pemerintah memerlukan dukungan serta komitmen dari para pelaku usaha dalam upaya mewujudkan kemandirian industri alat kesehatan terutama setelah pandemi Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button