Nasional

Aspirasi Masyarakat Jadi Kunci Utama Arah Kebijakan Pelayanan Publik

INDOPOSCO.ID – Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang dinamis. Dengan menempatkan publik sebagai pusat dari penyelenggaraan layanan, aspirasi masyarakat menjadi kunci utama dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan sistem pelayanan publik.

“Aspirasi masyarakat menjadi referensi utama dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan sistem pelayanan publik,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa dalam Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan dan Implementasi Pelayanan Publik, Selasa (1/11).

Diharapkan, pelayanan publik mampu untuk membaca, menjawab keinginan, serta harapan masyarakat. Sehingga, pelayanan publik mendapatkan kepercayaan masyarakat yang merupakan modal utama untuk kelangsungan pembangunan bangsa.

Menurut Diah, langkah untuk mewujudkan pelayanan publik yang responsif dan berdaya saing global telah dimulai sejak diterbitkannya UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

“Dalam Undang-undang ini, diatur berbagai prinsip yang terkait dengan hak, kewajiban, dan larangan masyarakat dan penyelenggara pelayanan. Namun, yang utama adalah mengatur mengenai kewajiban pokok penyelenggara atau pemerintah untuk bisa menyelenggarakan pelayanan prima yang akuntabel, nyaman, mudah, cepat, dan terjangkau,” tuturnya.

Urgensi dari pelaksanaan FGD virtual ini yakni untuk mengetahui informasi yang lebih baik dalam pelakasanaan pemeriksaan khususnya dalam kegiatan prioritas nasional ketujuh yang berkaitan dengan kegiatan prioritas transformasi pelayanan publik. Melalui unit kerja Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB juga melaksanakan berbagai prioritas program agar mampu mewujudkan pelayanan publik yang responsif dan berdaya saing global.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button