Nasional

Waspada Gelombang Tinggi Akan Terjadi di Sejumlah Perairan Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat pesisir mewaspadai kemungkinan gelombang tinggi yang mencapai empat meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 26 – 27 Oktober 2022.

“Untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir agar tetap waspada, karena ada peluang terjadi gelombang tinggi,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo seperti dikutip Antara, Rabu (26/10/2022).

Ia mengemukakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Selatan-Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan Barat, Laut Sulawesi, serta perairan Kepulauan (Kep.) Sangihe hingga Kep. Talaud,” katanya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau (P) Simeulue, Selat Malaka bagian utara, Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Selat Karimata.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian utara dan selatan, perairan selatan P. Sumba, perairan P. Sawu, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, perairan Kupang – P. Rotte, Laut Sawu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button