Nasional

Kemnaker: Dunia Usaha Harus Penuhi Hak Perempuan

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan serta Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan Haiyani Rumondang mengingatkan dunia usaha perlu memenuhi hak pekerja perempuan termasuk dalam kaitan dengan reproduksi.

Saat membuka acara diskusi virtual Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) diikuti di Jakarta, Selasa, Haiyani mengatakan bahwa pekerja perempuan memiliki peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan seorang pekerja yang perlu meningkatkan kapasitasnya di tempat kerja.

Kondisi itu ditambah juga ketika pekerja perempuan mengalami kondisi seperti haid, kehamilan, melahirkan dan menyusui. Padahal pekerja perempuan merupakan ibu dari calon penerus bangsa di masa depan.

Baca Juga : G20 Sepakat Pentingnya Mengakselerasi Pasar Kerja Inklusif

“Karena kodrat yang dialaminya itu maka pekerja perempuan harus mendapatkan perlindungan agar hak-haknya sebagai pekerja perempuan tetap dapat terpenuhi,” kata Haiyani dalam diskusi terkait manfaat perlindungan anak dan fungsi reproduksi pekerja perempuan bagi keberlangsungan usaha.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button