Nasional

Tahun Depan, PDI Perjuangan Bakal Umumkan Capres

INDOPOSCO.ID – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memperkirakan calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pemilu 2024 diumumkan pada Juni 2023.

“Pak Jokowi dulu diumumkan oleh Bu Mega pada Maret 2014, pemilunya pada bulan Juni sehingga kalau kita menggunakan analogi itu kira-kira Juni tahun depan (2023, red) pas Bulan Bung Karno,” kata Hasto saat menjadi pembicara dalam diskusi Election Corner bertema “Mengembalikan Kembali Politik Programatik di Pemilu 2024” di Fisipol UGM Yogyakarta, di Kabupaten Sleman, Senin (10/10/2022).

Terkait pengumuman capres, menurutnya, PDIP telah memiliki pengalaman pemilu berulang kali sesuai dengan tahapan yang ditetapkan KPU RI.

Baca Juga : Ini Peluang AHY Dampingi Anies

“Tahapan pemilu masih Oktober tahun depan, pencapresan kita terus berdialektika,” ujarnya.

Demikian pula saat mengumumkan cawapres pendamping Jokowi pada Pemilu 2019, menurut Hasto, tidak bisa lepas dari dinamika politik yang berkembang saat itu.

“Kiai Ma’ruf itu diputuskan (capres) Minggu jam empat sore, pendaftarannya (di KPU) hari Senin. Itu Kiai Ma’ruf karena dinamika politik, itu riil politik, di dalam praktik itu seperti itu,” katanya dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button