Nasional

Rencana Kontingensi Bencana selama KTT G20 Sudah Disiapkan

BMKG

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah menyiapkan rencana menghadapi kontingensi akibat bencana alam selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali dari 15 sampai 16 November 2022.

“Rencana kontingensi sudah disiapkan secara matang untuk menghadapi risiko bencana gempa bumi dan tsunami,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebagaimana dikutip dalam siaran pers BMKG di Jakarta, Sabtu (1/10).

“Kami juga terus melakukan pengecekan secara berkala dengan melibatkan berbagai instansi terkait guna mendukung kesuksesan agenda KTT G20. Semoga ikhtiar ini dimudahkan dan dilancarkan,” tambahnya.

Baca Juga : KPK Beri Perhatian Besar terhadap Isu Peran Profesional Hukum di ACWG

Ia menjelaskan BMKG sudah mempersiapkan skenario penanganan bencana alam selama pelaksanaan KTT G20 di Bali, yang bertema “Recover Together, Recover Stronger.”

Menurut dia, pemerintah bahkan sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk menghadapi skenario bencana terburuk, gempa bumi dengan magnitudo 8,5 yang dapat membangkitkan gelombang tsunami dalam tempo 20 hingga 38 menit.

“Mudah-mudahan KTT G20 berjalan aman dan lancar, tidak ada kejadian gempa bumi ataupun tsunami. Namun, apabila terjadi sewaktu-waktu, BMKG bersama BNPB, BPBD, TNI/Polri, sudah siap dengan skenario terburuk,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button