Nasional

Puan Maharani Kenakan Kain Batik Tulis Bermotif Semen Rama

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan kain batik tulis bermotif Semen Rama ketika menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Motif Semen dimaknai sebagai penggambaran dari “kehidupan yang bersemi, kehidupan yang berkembang, dan sejahtera”.

Mengenakan kain dengan motif Semen Rama merupakan sebuah pengharapan dan doa untuk kehidupan yang makmur, demikian dilansir Antara.

Motif ini sering dikaitkan dengan cerita Ramayana dengan ajaran kepemimpinan Hastha Brata (delapan jalan ajaran utama), di antaranya sikap semangat, penuh kasih, bertanggung jawab, berpengetahuan luas, berwibawa, adil, melindungi rakyat, dan mengendalikan diri.

Sebuah ajaran kepemimpinan untuk diri sendiri dan masyarakat.

Motif batik terdiri atas tiga bagian utama yang dibagi menjadi ornamen udara, darat, dan laut. Motif ini melambangkan keseimbangan dan keadilan.

Motif Tree of Life atau Pohon Hayat melambangkan darat, Garuda melambangkan udara, dan motif Baito (perahu) melambangkan laut. Sarat makna, sarat doa, dan pengharapan baik yang disampaikan dalam satu helai kain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button