Nasional

Covid-19 Subvarian BA.4.6 Sudah Menjalar ke 43 Negara

INDOPOSCO.ID – Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan subvarian baru Covid-19 BA.4.6 saat ini telah terdeteksi di 43 negara.

BA.4.6 sudah dilaporkan ada di setidaknya 43 negara, dan diperkirakan sudah ada sejak beberapa minggu yang lalu,” kata Tjandra Yoga Aditama melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (10/8).

Ia mengatakan laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan varian tersebut merupakan 4,1 persen kasus COVID-19 di negara setempat berdasarkan hasil penelusuran hingga 30 Juli 2022.

Berita Terkait

Tjandra mengatakan negara bagian Amerika yaitu Iowa, Kansas, Missouri dan Nebraska angkanya mencapai 10,7 persen. Di daerah mid-Atlantic dan di Selatan juga angkanya lebih tinggi dari rata-rata nasional.

“Dilaporkan sudah ada setidaknya 5.681 sampel BA.4.6 dalam tiga bulan terakhir, dan juga sudah dimasukkan dalam database Global Initiative on Sharing Avian Influenza Data (GISAID),” katanya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Gejala Covid Varian BA.5 dengan Varian Lainnya

Guru Besar Paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengatakan The Centre for Medical Genomics Ramathibodi Hospital Thailand melaporkan BA.4.6 di negara tersebut mencapai 15 persen lebih mudah menular daripada BA.5 di dunia secara umum.

BA.4.6 juga nampaknya dapat sampai 28 persen lebih mudah menular daripada BA.5 di Asia,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button