Nasional

LPSK Koordinasi dengan Kabareskrim Polri soal “JC” Bharada E

INDOPOSCO.ID – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan berkoordinasi dengan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) soal pengajuan “justice collaborator” (“JC”) atau saksi yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum yang diajukan Bharada E.

“Bareskrim meminta agar LPSK segera mengirim surat ke Kabareskrim Polri untuk koordinasi ‘justice collaborator’,” kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo di Jakarta, Selasa (9/8).

Hasto mengatakan lembaga yang dipimpinnya akan segera berkirim surat ke Kabareskrim Polri karena “JC” merupakan kewenangan LPSK.

Berita Terkait

Hasto menjelaskan seseorang yang ingin mengajukan “JC” harus memenuhi sejumlah syarat, di antaranya bukan pelaku utama. Kemudian, bersedia mengungkap peran semua orang yang terlibat termasuk atasan.

Baca Juga: LPSK Siap Lindungi Bharada E Jika Mau Jadi Justice Collaborator

Selain itu, papar dia, keterangan yang diberikan oleh pihak yang mengajukan “JC” harus berdampak signifikan dalam proses peradilan pidana, termasuk adanya potensi ancaman yang bakal diterima oleh yang bersangkutan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button