Nasional

BRIN Dorong PKR Biomassa dan Biorefineri Berkolaborasi dengan Industri

INDOPOSCO.ID – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong Pusat Kolaborasi Riset Biomassa dan Biorefineri yang dimotori Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa menjalin kolaborasi dengan mitra industri.

Plt Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Agus Haryono mengatakan kolaborasi itu diharapkan mendorong proses hilirisasi riset semakin cepat, khususnya di bidang biomassa dan biorefineri. Selain itu, ia pun mendorong PKR tersebut berkolaborasi dengan mitra internasional.

“Nanti, orang kalau bicara refineri di Asia Tenggara diarahkannya ke sini (PKR), bukan lagi negara lain. Ini kekuatannya akan sangat masif karena mengikutsertakan kekuatan dalam negeri dan mitra luar negeri,” kata Agus dalam kegiatan focus group discussion (FGD) secara virtual, Rabu (3/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, menurutnya kolaborasi itu juga bisa membuat Indonesia menjadi sentra penting dalam riset mengenai biomassa dan biorefineri di kancah internasional.

Di samping itu, Agus menilai pembentukan PKR sejatinya menjadi wadah kolaborasi bagi periset sejenis. Kolaborasi itu menurutnya dapat meminimalisasi riset yang tumpang tindih.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button