Nasional

BNPT Paparkan Dampak Buruk Terorisme Global bagi Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar memaparkan dampak buruk perkembangan jaringan terorisme internasional bagi Indonesia.

“Seberapa besar dampaknya bagi Indonesia? Dampaknya sangat besar,” katanya pada diskusi daring bertajuk “Deteksi Dini Modus Perkembangan Gerakan Radikalisme” yang dipantau di Jakarta, Senin.

Boy mengatakan dari tiga jaringan terorisme global, yakni ISIS, Al Qaeda, dan Taliban, maka ISIS paling mendominasi. Ketiga kelompok tersebut setali tiga uang karena memiliki kesamaan ideologi.

Dampak buruk dari pengaruh jaringan terorisme tersebut ialah beberapa organisasi di Tanah Air terafiliasi dengan kelompok terorisme global, katanya.

Baca Juga : BNPT Ungkap Pola Khilafatul Muslimin Sebarkan Ideologi Khilafah

Boy mencontohkan propaganda yang dilakukan ISIS sejak 2013 di mana 2.157 Warga Negara Indonesia (WNI) laki-laki dan perempuan membawa anak-anak ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan kelompok tersebut.

Kelompok jaringan teroris tersebut mengiming-imingi atau menjanjikan para WNI akan berdirinya sebuah negara yang bisa memberikan jaminan hidup jauh lebih baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button