Nasional

Lakukan Penataan, DPUPR Banten Sulap Situ Cipondoh Menjadi Wisata Ekologis

INDOPOSCO.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten tahun anggara 2022 ini, melakukan penataan Situ Cipondoh yang terletak di Kota Tangerang.

Penataan Situ Cipondoh dengan alokasi anggaran mencapai Rp 24,2 miliar tersebut dikerjakan oleh PT Legenda Bukit Konstruksi, agar nantinya Situ Cipondoh menjadi destinasi wisata Ekologis atau menjadi edukasi untuk mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya di Provinsi Banten.

Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Marzan ST. MT mengatakan, ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan dalam penataan Situ Cipondoh tersebut, yakni, pekerjaan persiapan, galian situ, penataan landscape, jogging track sepanjang 350 meter, dan pembuatan floating market atau bisa disebut pasar terapung.”Nantinya masyarakat atau wisatawan dapat menikmati berbagai fasiltas yang ada di Situ Cipondoh,” terang Arlan, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga : Laksanakan Sosialisasi SPI dan Maturitas SPIP 2022, Pemprov Banten Komitmen Wujudkan Pemerintahan yang Bersih

Menurut Arlan, sesuai perjanjian kontrak antara DPUPR dan PT Legenda Bukit Konstruksi sebagai pemenang tender, pekerjaan itu dimulai pada 14 Juni sampai denga 10 Desember 2022 atau kurang lebih enam bulan.

“Konstruksi bangunan itu nantinya didominasi oleh beton precast, sehingga harapan kami waktu pelaksanaannya bisa lebih singkat dan bisa tepat waktu sesuai kontrak kerja,” ujar Arlan.

Arlan yang juga mantan kepala UPTD PJJ (Pemeliharaan Jalan dan Jembatan) Kota Tangerang ini menjelaskan, nantinya joging track tidak hanya untuk fasilitas olahraga untuk masyarakat, tetapi juga menjadi multi fungsi, yakni, untuk jalan akses pemeliharan situ dan ruang publik untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tangerang.

“Nanti para pedagang yang ada sekarang, akan diatur dan di tata agar lebih tertib dan lebih baik. Landscape yang ditempati pedagang saat ini juga akan ditata agar lebih terbuka, dan bisa digunakan masyarakat umum untuk menikmati pemandangan di Situ Cipondoh yang lebih nyaman,” jelas Arlan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button