Nasional

Pemerintah Tidak Boleh Tutup Mata dan Telinga terhadap Aduan Masyarakat

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan

INDOPOSCO.ID – Rangkaian Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 mencapai garis akhir. Puncaknya, piala Anggakara Birawa dipersembahkan kepada 17 instansi pemerintah pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4.

Piala tersebut diserahkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini yang mewakili Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Ke-17 instansi pemenang itu terdiri dari 2 pemenang dari kategori Instansi Pemerintah (IP) Outstanding Achievement, 5 pemenang dari kategori IP Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, 5 pemenang kategori IP Aspek Keberlanjutan, Konektivitas dan Dampak Terbaik serta 5 Kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP).

Dalam puncak penganugerahan itu, Rini berpesan kepada pengelola pengaduan agar menciptakan birokrasi yang tidak berbelit, terutama dalam alur pengaduan.

“Pemerintah tidak boleh menutup mata dan telinga terhadap aduan masyarakat,” tegas Rini dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 di Jakarta, Kamis (16/6).

Baca Juga: Surat Palsu Pengangkatan Tenaga Honorer Mencatut Nama Menteri PANRB Kembali Beredar

Peraih Anggakara Birawa sebaiknya bisa berbagi pegetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan sistem pengaduan masyarakat. Sementara bagi instansi yang belum meraih piala itu, diharapkan tidak berkecil hati, dan bisa belajar atau studi tiru dari instansi yang pengelola pengaduannya sudah baik.

Rini mengingatkan agar seluruh pengaduan masyarakat segera ditindaklanjuti oleh pengelola. Masyarakat tidak boleh menunggu lama atas aduan yang mereka berikan. Namun tidak sebatas tindak lanjut aduan. Unit yang mendapat aduan harus memperbaiki hal yang kurang baik di mata masyarakat. “Dan menganggap aduan tidak lagi sebagai kritik yang menjatuhkan pemerintah, tetapi sebagai sesuatu yang membangun perbaikan layanan,” ungkap Rini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button