Nasional

Ini Dua Langkah Atasi Hepatitis Akut Usulan DPR

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim mengusulkan pemerintah agar melakukan dua langkah untuk mengatasi penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

“Pertama, menuntaskan program Jambanisasi Berbasis Keluarga. Menurut data BPS tahun 2020, masih terdapat 20 juta lebih keluarga di Indonesia yang tidak memiliki jamban, akibatnya mereka bisa buang air besar di sembarang tempat,” kata Luqman di Jakarta, Selasa.

Dia meminta Presiden segera mencanangkan program penyelesaian pembangunan jamban berbasis keluarga. Menurut dia, pemerintah juga perlu melakukan evaluasi kualitas sanitasi pada fasilitas-fasilitas umum.

Langkah kedua, menurut Luqman, perlu dilakukan program basmi lalat dan hewan sejenis yang berpotensi menjadi transmiter virus hepatitis.

“Zona-zona yang menjadi pusat lalat berkembang biak, harus disterilisasi untuk mencegah bertambahnya populasi lalat,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, sambil menunggu hasil penelitian otoritas kesehatan nasional dan internasional atas penyakit hepatitis akut, pemerintah sebaiknya melakukan langkah ekstra meningkatkan kualitas dan fasilitas sanitasi masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah Selidiki Epidemiologi Antisipasi Hepatitis Akut

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button